Macam-Macam Hardware Komputer


Halo gan, terimakasih anda telah berkunjung ke blog kami, anda sedang mencari informasi tentang Macam-macam hardware komputer,kan? apa sich perangkat-perangkat yang terdapat pada komputer? itulah yang akan kami ulas dalam penjelasan yang semoga sesuai dengan kebutuhan informasi agan.

Macam-Macam Hardware Komputer:

Mainboard / Motherboard
Motherboard atau biasa disebut Mainboard adalah sebuah hardware yang memiliki fungsi sebagai penghubung semua perangkat komputer lainnya. Jadi, semua perangkat seperti Processor, RAM, Harddisk dan VGA semuanya terhubung menjadi satu di mainboard ini.


Processor
Processor adalah otak dari sebuah komputer. Setiap proses yang berjalan pada sebuah komputer selalu diproses oleh processor. Benda kecil yang satu ini teramat penting perananya dalam sebuah komputer. oleh karenanya setiap saat perusahaan-perusahaan komputer selalu berinovasi mengembangkan sebuah processor yang lebih canggih dari versi sebelumnya.


Harddisk
Harddisk adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data kita pada komputer. Dengan ini kita dapat menyimpan semua file, dokumen, atau pun berkas-berkas penting lainnya. Macam-macam harddisk misalnya, ATA, SATA, dan SCSI. Harddisk ada dua jenis yaitu Hdd Internal dan Eksternal

RAM atau Memory
RAM merupakan alat penyimpanan data sementara. Loh maksudnya? Perintah, data dan proses lainya disimpan sementara di memory ini. Jika komputer direstart, maka semua yang tersimpan di RAM akan hilang.

Power Supply

Power supply merupakan perangkat yang terhubung langsung dengan aliran listrik. Perangkat ini berfungsi sebagai pemberi daya listrik yang dapat merubah tegangan AC menjadi DC.

Monitor
Merupakan salah satu alat output berupa tampilan visual yang terhubung menggunakan video card

VGA Card / Viedo Card
Perangkat keras ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur tingkat resolusi gambar atau kualitas gambar. Semakin besar kualitas atau spesifikasi VGA anda, maka akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

Keyboard
Merupakan papan ketik yang berfungsi untuk menampilkan output di layar monitor berupa angka, huruf, simbol-simbol, maupun perintah yang dapat dijalankan menggunakan keyboard

Mouse
Sesuai dengan namanya,  bentuk dari perangkat ini menyerupai tikus. Alat yang diberi nama mouse ini berfungsi untuk menggerakan kursor pada layar monitor.

Beberapa perangkat keras yang disebutkan diatas merupakan komponen dasar komputer yang perlu ketahui bagi Anda yang ingin belajar komputer. Walaupun masih banyak yang belum disebutkan, tetapi setidaknya Anda bisa memahami beberapa ulasan diatas.

1 komentar: