Cara format harddisk tanpa harus masuk ke windows



Cara format harddisk tanpa harus masuk ke windows

Harddisk adalah perangkat keras berupa memory penyimpanan pada laptop dan komputer. Semua data laptop kita, sistem operasi laptop kita semua tersimpan pada harddisk. Oleh karena itu sangatlah besar peranan harddisk pada laptop kita.

Lalu apa jadinya jika harddisk laptop kita error, tidak terbaca oleh laptop kita? Tentunya hal tersebut menyebabkan laptop kita tidak mampu beroperasi, bahkan tidak bisa booting. Satu satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memformat harddisk yang error tersebut agar bisa terbaca/terdeteksi oleh laptop kita. Lalu bagaimana kita bisa melakukan format pada harddisk tersebut sedangkan laptopnya tidak bisa booting? Tenang saja, kali ini akan saya kasih tahu bagaimana caranya format harddisk tanpa masuk ke windows.

Sebelum lebih dalam mengulas tentang bagaimana memformat Harddisk tanpa masuk kewindows, terlebih dahulu saya merekomendasikan ebook teknisi komputer untuk anda jadikan pedoman dan rujukan mengatasi masalah troubleshooting pada laptop/komputer anda. Dengan mempelajari ebook-ebook dari kami, sudah bisa dipastikan anda tidak perlu lagi bolak balik ke tukang service laptop merogoh kocek yang tidak sedikit hanya untuk memperbaiki problem laptop yang sebenarnya bisa anda selesaikan sendiri.
Oke kita lanjut ke pokok permasalahanya, kali ini kita akan memformat harddisk dengan menggunakan CD instalasi Windows xp. Hal ini seolah olah kita hendak install ulang windows, namun nantinya akan kita hentikan proses instalasi tersebut ditengah jalan setelah proses format partisi C.

Jadi langkahnya seperti ini:

  • Setting first booting pada CD/DVD drive. 
  •  Masukkan CD instalasi windows dan jalankan proses instalasi.
  •   Kemudian pilihan partisi, tekan enter pada parisi C yang dalamkeadaan unformat.
  • Kemudian akan muncul pilihan formating, pilih NTFS quick.
  • Setelah proses format selesai, akan muncul lagi proses pengcopyan dari CD instalasi ke harddisk. Pada saat proses copy file tersebut, matikan paksa laptop anda dengan menekan tombol power selama kurang lebih 3 detik.
  •  Partisi sudah berhasil terformat. Langkah berikutnya adalah merecovery windows dengan menggunakan CD Recovery.



0 komentar:

Posting Komentar